iklan

Macam Ganguan Kepribadian Menurut Ilmu Psikologi

                                Macam-macam ganguan kepribadian menurut ilmu psikologi

1. SCHIZOID
    Adalah ganguan kepribadian dimana penderita biasanya menghindari untuk menjalin hubungan dan biasanya tidak menunjukan ekspresi. Oleh karena itu seringkali penderita schizoid ini adalah seorang penyendiri.


2. ANTISOCIAL
    Adalah ganguan kepribadian dimana orang ini ditandai dengan kurangnya hati nurani. Maksudnya dia akan sangat peduli akan dirina saja,tidak peduli dengan orang-orang disekitarnya. Waktu smp kita pernah di beritahau kalau manusia adalah mahluk social yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya, nah orang yang antisocial adalah kebalikan dari orang pada umumnya. Seringkali penderita akan sangat agresif terhadap kebutuhannya sendiri daripada oranglain.



3. SCHIZOTYPAL
    Adalah ganguan kepribadian dimana orang yang menderita memiliki cara berfikir dan pemahaman yang aneh pada suatu hal. Penderita terkadang percaya mereka memiliki indra keenam atau kekuatan semacam itu yang sebetulnya tidak sama sekali.


4. HISTRONIC
    Adalah ganguan kepribadian dimana penderita akan sangat senang mencari perhatian. Ia merasa harus selalu menjadi pusat perhatian,selain itu penderita juga sering membesar-besarkan masalah sepele untuk mendapat perhatian.


5. BORDERLINE
    Adalah ganguan kepribadian dimana penderita akan memiliki kelabilan dengan suasana hatinya dan juga perasaan rendah diri. Penderita kerap rentan akan perubahan mood yang terus menerus dan munculnya rasa marah yang sering dirasakan.



6. AVOIDANT
    Adalah ganguan kepribadian dimana penderita akan mengalami kecemasan sosial berlebihan. Penderita takut ditolak dan takut bersikap didepan orang lain, penderita juga sering mengalami depresi senhingga mempengaruhi kepercayaan dirinya.


7. DEPENDENT
    Adalah ganguan kepribadian dimana penderita akan merasa selalu butuh dijaga,dan bergantung sekali dengan orang lain dan juga takut kehilangan. Penderita dependent sering merasa tak berdaya dan tertekan.


8. OBSESSIVE-COMPULSIVE
    Adalah ganguan kepribadian dimana penderitaakan sangat perfeksionis. Terlalu fokus pada keteraturan dan kesempurnaan namun takut mengambil keputusan karena takut salaering mengalami kesulitan mengekspersikan emosi.



9. NARCISSISTIC
    Adalah ganguan kepribadian dimana penderita akan sangat lekat dengan namanya egois. Mirip seperti histrionic penderita narsistik suka mencari pujian dan perhatian. Cenderung pilih kasih karena mereka menganggap tidak semua orang layak menjadi teman mereka.



Nah sekian untuk info tentang gangguan kepribadian semoga kita tidak termaksut di dalam 9 tipe diatas.dan tidak dipungkiri jika disekitar kita pasti ada yang memiliki salah satu dari kriteria diatas,saran saya sih maklumi aja dan berusaha menerima,kalau merugikan tinggalkan atau menjauh dari orang tersebut. seperti biasa di akhir terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Macam Ganguan Kepribadian Menurut Ilmu Psikologi"

Fakta Menarik Tentang Warna

                                                     Beberapa Fakta Mengenai Warna Sebrang kros warnanya hitam dan putih, langit warnan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel