iklan

1 tahun 12 bulan,mengapa.?

                                                     1 tahun itu 12 bulan,mengapa.?


Nah.. sebenarnya artikel ini adalah lanjutan dari artikel tentang  1 menit 60 detik mengapa? yak. Sebenarnya penjelasan kenapa 1 tahun itu 12 bulan bermula dari kalender,ya nenek moyang kita dulu kala membuat kalender melalui banyak perhitungan astronomi,peristiwa penting,pergantian musim,dan suku maya yang memprediksikan kiamat.



Apa dasar perhitungan kalender kita saat ini yang menganut 12 bulan,jawabanya kalender kita dibuat berdasarkan kalender romawi,pada awalnya kalender romawi hanya memuat 10 bulan saja diantaranya: mar,apr,mai,iun,qui,sex,sep,oct,nov,des dan bejumlah 304 hari saja dalam 1 tahun.
Namun setelah dicoba ternyata sistem 10 bulan ini tidak sesuai dengan pergantian musim maka dari itu kaisar romawi pada saat itu menambahkan 2 bulan lagi yaitu januari dan februari dan menganti nama sistem perhitungan itu dengan nama julian yang diambil dari nama julius ceisar.



Seiring perkembangan jaman,bangsa eropa mulai meneliti tentang astronomi, akhirnya mereka mengganti kalender julian ini dengan kalender gregorian,yang juga merupakan kalender yang kita pakai saat ini,alasan digantinya kalender ini adalah karena menurut perhitungan kalender julian 1 tahun itu ada 365,25 hari yang ternyata kelebihan 11 menit dalam perputaran bumi mengelilingi matahari,hal ini sangat mengangu karena akan terjadi penyesuaian lagi setiap 128 tahun sekali,maka dari itu kalender gregorian hadir dengan perhitungan 1 tahun itu ada 365,2425 yang merupakan hitungan yang akurat dimana bumi mengelilingi matahari dalam waktu 1 tahun.




Jadi jangan malu jika harus memajang kalender ya,karena dibalik kalender yang kita sering acuhkan itu terdapat sejarah perhitungan yang panjang, dan seperti biasa terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "1 tahun 12 bulan,mengapa.?"

Post a Comment

Fakta Menarik Tentang Warna

                                                     Beberapa Fakta Mengenai Warna Sebrang kros warnanya hitam dan putih, langit warnan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel