iklan

Kenapa Posisi Kemudi Mobil Kita Berada di Sebelah Kiri.?

                                 Kenapa posisi kemudi mobil kita berada di sebelah kanan.?




Setiap hari kebanyakan dari kita masyarakat Indonesia bepergian mengunakan mobil, pernahkah kita bertanya kenapa posisi kemudi mobil kita berada di sebelah kanan.? tidak di sebelah kiri seperti negara lain seperti Amerika,belanda dan lain".

Alasan utama adalah karena di Indonesia menganut sistem jalur jalan sebelah kiri, posisi kemudi di sebelah kanan agar pengemudi memiliki jarak pandang yang lebih luas dan lebih waspada jika ada kendaraan lain yang mengarah dari jalur kanan.

Sejarah lain dari jalur kiri datang dari kesatria dahuli kala menungang kuda dan memegang pedang dengan tangan kanan, itu sebabnya mereka berjalan di sebelah kiri agar bisa menebas lawan dengan leluwasa. sementara itu lajur kanan mulai ada saat terjadi refolusi perancis dimana sebagai bentuk perlawanan terhadap kerajaan kaisar napoleon memerintahkan agar memakai jalur kanan dalam berkendara,mulai dari perancis dan hingga abad ke-19 napoleon brhasil menguasai hampir seluruh eropa daan menyebarkan aturan lajur kanan.


Sementara itu di indonesia sendiri jalur kanan dibawah oleh bangsa yang paling lama menjajah tanah air kita ini yaitu belanda,faktanya belanda saat ini mengunakan lajur kanan bukan kiri sepperti yang mereka bawa ke indonesia, ini terjadi karena mereka pernah dijajah oleh napoleon dan mereka mengikuti peraturan napoleon. sementara negara yang bersikeras melawan napoleon seeperrti Inggris,Afrika Selatan,India dan Australia tetap mengunakan lajur kiri seperti halnya Indonesia.



Dilain sisi pengaruh dari peredaran mobil di indonesia juga memegang peranan penting ekspor dari negara Jepang paling besar dimana negara jepang juga menganut lajur kiri dan posisi sttir di sebelah kanan.

Sekian info yang bisa saya berikan dan seperti biasa di akhir terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa Posisi Kemudi Mobil Kita Berada di Sebelah Kiri.?"

Post a Comment

Fakta Menarik Tentang Warna

                                                     Beberapa Fakta Mengenai Warna Sebrang kros warnanya hitam dan putih, langit warnan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel