iklan

Black Hole

Mengenal lebih dekat Black Hole





Pernahkah kita membaca buku tentang antariksa atau benda benda di luar angkasa.? Ya banyak sekali benda benda di luar bumi kita salah satu diantaranya adalah black hole banyak yang pernah dengar tapi masih jarang yang membahasnya. Nah.. kesempatan kali ini saya akan coba menjelaskan sedikit tentang apa itu bleck hole.

Black hole atau bahasa indonesianya adalah lubang hitam secara teknis adalah sebuah ruang yang ada di ruang angkasa yang memiliki daya gravitasi sangat kuat, black hole sendiri memiliki 2 bagian yang pertama yang ada dibagian inti yang disebut singularity dan bagian luar yang memiliki medan gravitasi sangat kiat yang disebut event horison. Apa yang ada di singularity masih misterius dan yang ada di event horison adalah gaya gravitasi yang kuat hingga semua benda angkasa yang berada di sekitarnya tidak bisa gabur dari bagian itu, termaksut cahaya yang merupakan object tercepat di alam semesta kita.



Karena cahaya saja tidak tembus makanya black hole ini tidak dapat dilihat, lalu bagaimana kita ktau kalau black hole itu ada, cara paling gampang adalah dengan mengabati benda angkasa yang mengorbit, jika pola orbitnya acak-acakan maka kemungkinan de dekat mereka ada black hole yang menganggu orbit mereka dengan medan gravitasi kuat yang dimilikinya.

Lalu apa yang terjadi jika kita terhisap oleh black hole.? Para peneliti menamakan kejadia ini dengan nama spaghettification dimana molekol yang ada di tubuh kita akan hancur dan menyatu dengan singularity, black hole sendiri terbentuk dari bintang yang berukiran sangat besar yang kehabisan “bahan bakar” kehabisan ini mengakibatkan bintang tersebut akan runtuh pada gravitasinya sendiri ukurannya menyusut dan akan membentuk lubang hitam denganmedan grvitasi yang sangat kuat.

sedikit info tambahan,saking kuatnya black hole sampai dijadikan ultymate adari salah satu hero dota 2 yaitu enigma. :)




Sekian info dari saya semoga sedikit menambah wawasan kita, seperti bisa di akhir terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Black Hole"

  1. Sering-sering upload yang berhubungan tentang ilmu ya gan(y)

    ReplyDelete

Fakta Menarik Tentang Warna

                                                     Beberapa Fakta Mengenai Warna Sebrang kros warnanya hitam dan putih, langit warnan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel